Bawaslu Agam Terima Calon Panwascam, Ini Ketentuannya

  • Whatsapp

Marawapost.com, Agam – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam membuka penerimaan calon Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Pendaftaran dibuka hingga 27 September mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Agam, Elvys mengatakan bahwa terbuka kesempatan bagi warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kecamatan.

Perekrutan Panwaslu Kecamatan katanya, mengacu pada Keputusan Bawaslu Republik Indonesia Nomor 314/HK.01.00/09/2022 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Dalam Pemilu Serentak 2024.

“Masyarakat dapat mengakses informasi pengumuman pendaftaran calon anggota Panwascam melalui pengumuman pendaftaran di laman Bawaslu Kabupaten Agam, media sosial, Sekretariat Bawaslu Kabupaten Agam, dan kantor Camat se Kabupaten Agam,” jelas Elvys, Kamis (15/09/22).

Bawaslu mengumumkan informasi perekrutan yang memuat persyaratan dan kelengkapan syarat pendaftaran, waktu, tempat, serta saluran komunikasi yang dapat dihubungi.

“Nah, bagi masyarakat yang ber-KTP Agam dan ingin bergabung sebagai Panwaslu Kecamatan Pemilu 2024 serta memenuhi persyaratan sesuai ketentuan undang-undang, bisa mempersiapkan diri ketika nanti sudah dibuka pendaftaran mulai tanggal 21 sampai dengan 27 September 2022,” ucapnya.

Terkait dengan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan terang Elvys, dapat melalui jalur offline dan via Pos kilat.

Adapun ketentuan pendaftaran via Pos kilat memuat hardcopy dokumen pendaftaran paling lama diterima oleh pokja pada hari terakhir pendaftaran yang dikirimkan ke alamat Sekretariat Bawaslu Kabupaten Agam.

Untuk tahapan seleksi akan dua macam tes yakni, tertulis dan tes wawancara. Tes tertulis Rekrutmen Panwascalu Kecamatan untuk Pemilu 2024 ini akan dilaksanakan dengan sistem teknologi informasi atau online.

Elvys juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan rekrutmen akan memperhatikan keterwakilan perempuan. Karena ini merupakan affirmative action dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Sebagai penyelenggara Pemilu, saya berharap anggota Panwaslu Kecamatan yang terpilih nantinya adalah orang orang yang mempunyai dedikasi tinggi, profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas pengawasan semua tahapan Pemilu 2024 nantinya,” tutupnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.