Palewaan Pengulu Suku Tanjuang, Mus Mulyadi Dinobatkan Sebagai Dt. Indo Kayo

  • Whatsapp
Poto bersama Pengulu yang baru Mus Mulyadi Bersama pengulu nan delapan nagari koto gadang (Poto Rahmad)

Dharmasraya, Marawa – Palewaan batagak pengulu dari suku tanjuang di Nagari Koto gadang kecamatan Koto Besar digelar, Minggu (20/03/2022). Prosesi malewakan Pengulu adat yang baru, dilaksanakan berkenan karena pengulu lama Bapak Afrinal dt,Indo Kayo dalam kondisi sakit.

Menggingat akan hal tersebut  tidak terjadi kekosongan penggulu di dalam adat, maka di gelar musyawarah di dalam kaum suku tanjung tahap demi tahap mencari sosok dan panutan yang pantas untuk menyandang Pengulu suku tanjuang yang sakral ini dalam pergantian Pengulu lama ke yang baru.

Sebelumnya didalam mencari pengganti Pengulu yang baru di usulkan tiga nama yakni Adi Sutan Makmur, Hendra Gusti,dan Mus Mulyadi,

Rundiang  salasai mufakat lah didapat maka dibawo katangah didalam kaum ,” dan disepakati pula oleh penghulu delapan nagari ” terpilih Mus Mulyadi,st.Majo kayo.sebagai panggulu suku tanjuang yang baru bergelar Dt. Indo Kayo,ujar salah satu perangkat niniak mamak.

Pantauan Marawapost.com dilapangan, proses acara pemasangan saluak,penyisipan keris dan tongkat kepada penghulu yang baru Mus Mulyadi. Dari Pengulu yang lama Afrinal,Dt.gunuang Kayo juga berpesan bimbinglah  anak cucu dan Kamanakan sebaik mungkin, manimbang Samo barek maukua Samo panjang,dan seadil-adilnya dalam memutuskan suatu perkara sehinga berjalan dengan baik dan khidmat dalam memimpin didalam kaum,ujar nya menutup.

”Acara yang sakral ini semoga, telah dilewakan Pangulu yang baru menjadi sitawa sidingin,dalam kaum,serta menjadi panutan untuk anak cucu dan Kamanakan”, ulasnya.

Terpisah Mus Mulyadi, Dt.Indokayo,juga mengatakan, insya Allah amanah ini saya siap emban penuh tanggung jawab, serta kepada peran Ninik mamak yang lama terima kasih banyak atas dukungan, masukan,serta dinamika didalam suku kaum,dan harapan kedepanya terpilih saya sebagai pengulu yang baru tidak terlepas seluruh unsur dalam Palewaan ini,dan masukan dan nasehat dari niniak mamak nan lama Sangat perlu pula bagi kami yang baru matah ini, ujar Mus Mulyadi yang ketua FKPM ini.

Prosesi dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh unsur baik pemerintah maupun niniak mamak, Ketua forkan,tokoh masyarakat, Bundo kandung,serta undangan lain dan  masyarakat setempat. (Rahmad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *