Raih Dana BSPS, Dinas Perkim Agam Rehab 712 RTLH Tahun 2024

  • Whatsapp

Marawapost.com, Agam – Pemerintah Kabupaten Agam peroleh Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebesar Rp14,2 miliar dari pemerintah pusat tahun ini.

Sekretaris Dinas Perumahan Permukiman (Disperkim), Rudi Hendri, Rabu (17/04/24) menyebutkan, BSPS yang diperoleh setiap tahun ini diperuntukan untuk merehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Ada 712 unit RTLH direhab melalui program itu. Masing -masing anggarannya Rp20 juta, yang diberikan berupa bahan bangunan,” sebutnya.

Calon RTLH yang akan direhab tersebar di Kecamatan Ampek Nagari, Matur, Palembayan, Tanjung Raya, Sungai Pua, Tilatang Kamang, Baso, Lubuk Basung dan Tanjung Mutiara.

Kriteria penerima manfaat katanya, masyarakat berpenghasilan rendah, dengan kondisi rumah tidak layak, tidak sesuai kapasitas penghuni dan lainnya.

“Calon penerima manfaat ini diperoleh dari tim fasilitator direkrut provinsi, yang diusulkan satgasnya ke pemerintah pusat,” terangnya.

Dikatakan, calon rumah yang akan direhab sudah diverifikasi, kini tinggal tahap sosialisasi terkait aturan dan juknis bantuan kepada calon penerima.

“Kita berupaya Juni mendatang BSPS ini sudah terealisasi,” kata Rudi.

Selain BSPS, Pemkab Agam juga bakal merehab 106 unit RTLH melalui APBD tahun ini. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *