Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun

  • Whatsapp

Marawapost.com, Bukitinggi – Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah Kota Bukittinggi gelar Pelatihan Sabun di Kelurahan Birugo di Aula Kantor Lurah Birugo selama 3 hari (26-28 Juli 2023).

Pada kesempatan itu, Lurah Birugo Bukitttinggi, Adrian M.Sos mengatakan,  pelatihan Pembuatan sabun ini memang usulan dari masyarakat sendiri melalui Musrenbang.

“Hal ini tentunya melalui bapak Walikota melalui kegiatan ini melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian.Untuk peserta pelatihan ini ada 10 orang yakni 10 Karang  Taruna, dan 10 orang dari ibu – ibu Dasawisma”, ucap Lurah.

Disebutkan Lurah, memang target kita setelah dilaksanakan sabun ini, kita akan membentuk satu kelompok untuk meningkatkan perekonomian pembuatan sabun, dan disamping untuk kebutuhan sehari-hari nanti bisa akan kita jual karena kita akan sampai untuk pembuatan kemasan.

“Selanjutnya kita akan usahakan membuat PIRT dengan tujuan akan dapat bisa diperjual belikan di pasaran”, tukuknya.

Disambungnya, dari 20.peserta ini, kita akan membuat satu kelompok, dan kelompok ini memang bahan pelajarannya dalam pembuatan sabun diberikan melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian termasuk alat – alat pembuatan ini semuanya, tinggal semangat dan kemauan dari para peserta ini.

Kemudian untuk pengembangannya dan untuk tenaga pengajarnya dari dosen ATIP 1orang selama 3 hari dengan 6 produk yang kita buat ada sabun cuci, sabun cuci piring, sabun pengharum pakaian, sabun batangan, pengharum lantai.

“Alhamdulillah kemarin 4 produk yang sudah selesai, dan 2 produk pada hari ini dan kedepannya Nara sumber bersedia untuk mengembangkan kelompok ini di masa mendatang.Dan dia akan memantau dan menambah ilmu pengetahuan nya untuk para peserta untuk dikembangkan”, ungkapnya.

Kita harapkan, kelompok ini bisa terbentuk dan mudah-mudahan ini merupakan suatu lapangan pekerjaan baru bagi masing-masing peserta, dan juga untuk meningkatkan perekonomian ditengah – tengah masyarakat Kota Bukittinggi. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *